Let’s travel together.

36 Wahana Rekreasi Jatim Park 1 di Kota Wisata Batu Malang

0

36 Wahana Rekreasi Jatim Park 1 di Kota Wisata Batu Malang

Ingin liburan? Dapatkan harga special travel dan hotel disini!!

Hari Sabtu kemarin saya dan keluarga mengadakan liburan ke salah satu tempat wisata di Kota Wisata Batu, Malang. Tepatnya di Jatim Park 1Keangkeran Wahana Wisata Rumah Hantu di Jatim Park 1 Kota Batu. Baca selengkapnya … ». Kok pakai angka 1? Memangnya Jatim Park ada berapa? Jatim Park sebenarnya ada 2. Sejak beberapa tahun ini Pemerintah Kota Batu mengoptimalkan potensi alam mereka dalam pembangunan bidang wisata alam sekaligus tempat belajar. Salah satu wujudnya adalah membangun obyek wisata Jatim Park 1 dan Jatim Park 2.

Tempat wisata yang saya kunjungi kemarin adalah Jatim Park 1 yang terletak di kaki Gunung Kawi, Batu. Dulu wilayah ini masuk dalam pengelolaan Kabupaten Malang. Tapi sejak era otonomi daerah bergulir, kawasan Batu naik kelas menjadi kota administratif yang mandiri dan terlepas dari Malang Kota. Sedangkan Jatim Park 2 berada di kawasan Oro-oro Ombo, Batu. Artikel kali ini saya fokuskan bahas Jatim Park I. Untuk Jatim Park II akan saya bagi pada artikel selanjutnya.

 

Kolam Renang Raksasa – Satu dari 36 Wahana Rekreasi Jatim Park 1 di Kota Wisata Batu Malang

Jalur Transportasi Menuju Jatim Park I di Batu

Jam 6 pagi saya dan anggota keluarga sudah siap di dalam bus pariwisata. Kami berangkat dari kota Jombang melalui jalur transportasi Ngoro-Kandangan-Kasembon-Pujon-Ngantang-Batu. Cuaca pagi itu mendung dan berkabut tebal. Hal ini menyebabkan jarak pandang sangat terbatas. Kami jadi was-was sepanjang perjalanan. Apalagi jalanan menanjak dan turunan yang berliku-liku khas pegunungan, semua harap-harap cemas dengan kemampuan sopir bus berkendara.

Jalur wisata menuju Batu dikenal sebagai daerah rawan longsor. Walaupun sedang musim kemarau, kami tetap waspada. Saya jadi teringat pengalaman ketika ikutan tour religi Wali Songo ke Gunung Muria, Jepara, Jawa Tengah. Jalur pegunungan Gunung Muria lebih menantang dan menakutkan daripada jalan raya menuju Batu. Saya bersyukur bus yang kami tumpangi selamat dan tiba di tujuan dengan baik.

Pemandangan alam kawasan Pujon-Ngantang-Batu cukup indah. Sawah hijau, kabut tebal berarak, gemercik air sungai. Kombinasi yang tepat sebuah harmoni alam. Hal ini membuat waktu dua jam di dalam bus tidak terasa menyiksa bagi saya. Saya sempatkan mengambil gambar pemandangan alam dengan kamera saku. Not bad, walaupun benda yang dipotret dalam kondisi bergerak.

 

Wahana Permainan Anak-anak di Jatim Park 1 Batu Malang

36 Wahana Bermain dan Belajar di Jatim Park 1

Rupanya bus yang saya tumpangi tiba lebih awal dari jadwal semula sehingga beruntung bisa dapat tempat parkir di daerah atas, tak jauh dari pintu masuk Jatim Park 1. Sesampai di parkir area A tempat wisata Jatim Park I, kami semua makan pagi di rest area. Setelah itu kami membeli tiket masuk Jatim Park yang seharga Rp 60.000,- per orang. Harga tiket masuk ini berupa gelang yang dilekatkan dan dipakaikan pada tangan wisatawan dan berfungsi sebagai tiket terusan. Cukup dengan memakai gelang tersebut wisatawan bisa mencoba 36 wahana secara gratis.

Wahana apa saja yang terdapat di tempat wisata Jatim Park I? Wahana merupakan titik-titik menarik obyek wisata yang bisa dijelajahi secara berurutan dari pertama sampai terakhir. Kalau mau disebutkan satu persatu maka artikel ini akan jadi panjang dan melelahkan untuk dibaca. Untuk itu, saya coba mengulas beberapa wahana yang menurut saya sayang untuk dijelajahi. Diantaranya adalah:

  • Galeri Nusantara.
  • Wahana Galeri Nusantara merupakan obyek wisata pembuka di Jatim Park I. Sebelum masuk Galeri Nusantara, wisatawan bisa mencoba menabuh gong terbesar kedua di Indonesia. Setelah itu pengunjung Jatim Park I akan disajikan diorama budaya-budaya di Indonesia dari SabangPulau Weh, Surga di Ujung Pulau Sumatera. Baca selengkapnya … » sampai Merauke. Kalau belum punya cukup dana liburan ke Taman Mini Indonesia IndahSerunya Liburan Keluarga ke Taman Mini Indonesia Indah. Baca selengkapnya … » di Jakarta, Jatim Park I bisa jadi solusi alternatif yang bagus.
  • Miniatur candi-candi di Indonesia.
  • Jatim Park I sepertinya ingin bersaing dengan TMII. Hal ini dibuktikan dengan adanya miniatur candi-candi yang ada di Indonesia. Mulai dari Candi BorobudurLiburan Ke Candi Borobudur, Tempat Wisata Tujuh Keajaiban Dunia. Baca selengkapnya … », Candi Tikus, stupa Buddha, dan lain-lain. Walaupun bentuknya mini atau kecil, wahana di ruang terbuka ini membuat saya betah berlama-lama narsis di depan kamera.
  • Kolam renang dan rekreasi bermain air.
  • Yang membuat betah setiap anak-anak yang berkunjung ke Jatim Park 1 adalah kolam renang raksana. Kolam renang tersebut memiliki latar belakang patung Ken Dedes, Ken Arok, dan Empu Gandring. Kolam renang dibagi menjadi beberapa area dengan kedalaman tertentu. Disediakan pula papan peluncur, perahu karet, tembak-tembakan air, dan jalur permainan air lainnya. Udara kota Batu yang dingin akan menyatu dengan kesegaran air kolam renang. Brrrr!

 

  • Wahana uji nyali Keangkeran Wahana Wisata Rumah Hantu di Jatim Park 1 Kota Batu. Baca selengkapnya … » dan keberanian.

 

Jatim Park 1 adalah tempat wisata jagonya bikin orang deg-degan. Disana ada puluhan wahana menguji adrenalin ada. Mulai roller coaster, spinning coaster, rumah hantu, rumah misteri, halilintar, kapal berombak, ontang-anting, dan lain-lain. Bagian paling favorit tentu saja rumah hantu. Tua-muda ingin mencoba masuk ke rumah gelap dan menakutkan itu, termasuk saya.

  • Bioskop 3D dan gedung amphiteather.
  • Liburan ke Jatim Park 1 bukan cuma acara jalan-jalan menguras keringat. Wisatawan bisa duduk santai menikmati pemutaran film 3 dimensi terbesar di Indonesia. Atau kalau Anda suka menonton pertunjukkan live music, Jatim Park 1 punya amphiteather terbuka yang teduh. Lagu-lagu yang dimainkan tergantung permintaan pengunjung. Bisa pop, rock, ska, bahkan dangdut.

Satu hal yang harus diingat ketika Anda sekeluarga berlibur ke Jatim Park 1 adalah harus sabar dalam mengantre di setiap wahana. Walaupun saya tiba di lokasi masih pagi, sekitar pukul 09.30 WIB, tapi tetap saja pengunjungnya tumpah ruah sejak awal. Mungkin hal ini disebabkan karena tiket terusan seharga Rp 60.000,- harus dimanfaatkan secara optimal. Atau mungkin juga karena kegiatan liburan ini bersamaan dengan musim liburan sekolah pada akhir tahun. Very crowded but enjoyable.

 

Spinning Coaster – Wahana Pemacu Adrenalin di Jatim Park 1, Tempat Wisata di Batu, Malang

Hotel di Sekitar Jatim Park 1 Kota Wisata Batu dan Malang

Wisatawan tidak perlu ribet mengenai tempat penginapan, hotel, dan losmen ketika mereka rekreasi ke Jatim Park 1 di Batu. Tak jauh dari pintu masuk Jatim Park 1 terdapat Klub Bunga, tempat penginapan keluarga dan pusat rekreasi. Jika wisatawan ingin menikmati keindahan kota Batu dari kawasan selatan, mereka bisa memilih satu dari sejumlah hotel di kawasan Singosari. Hotel tersebut bervariasi mulai dari tarif murah, hingga bintang lima.

Di sebelah selatan Jatim Park 1 terdapat beberapa tempat wisata di BatuKeindahan Tempat Wisata di Sekitar Gunung Anjasmoro. Baca selengkapnya … » lainnya. Seperti air terjun Coban RondoKeindahan Air Terjun Coban Rondo dan Coban Plangi di Malang. Baca selengkapnya … », Waduk Selorejo di Ngantang, bumi perkemahan PandermanJelajahi Keindahan Tempat Wisata di Malang. Baca selengkapnya … », arung jeram di Kasembon, olahraga paralayang di Singosari, dan lain-lain. Memang sangat tepat jika Batu menyebut diri sebagai Kota Wisata. Jatim Park 1 dan Jatim Park 2 menjadi sedikit bukti keseriusan pemerintah setempat memanfaatkan kondisi geografis mereka untuk membangun potensi wisata.

Inilah sedikit oleh-oleh saya dari acara liburan keluarga ke Jatim Park 1 di Batu. Artikel berikutnya akan saya ceritakan serunya liburan di Alun-alun Kota BatuMenikmati Indahnya Senja di Alun-alun Kota Wisata Batu Malang. Baca selengkapnya … », Masjid Agung Kota BatuMenikmati Indahnya Senja di Alun-alun Kota Wisata Batu Malang. Baca selengkapnya … », dan Masjid Cheng Ho di Pandaan. Jangan sampai Anda melewatkan artikel review tempat-tempat wisata menarik di Indonesia hanya di TempatWisata.web.id. Ayo berlibur keliling Indonesia!

Leave A Reply

Your email address will not be published.