Let’s travel together.

Lawang Sewu Semarang,Wisata Sejarah Di Tengah Kota Semarang

Lawang Sewu Semarang

0

Lawang Sewu Semarang,Wisata Sejarah Di Tengah Kota Semarang

 

Lawang sewu merupakan sebuah tempat wisata sejarah bekas peninggalan zaman kolonial belanda,Bangunan lawang sewu didirikan pada tahun 1904 silam pada zaman penjajahan.Pada awal berdirinya bangunan lawang sewu di gunakan untuk kantor pusat perusahaan kereta api (trem ) penjajah belanda.

Seni arsitektur lawang sewu terdiri dari 3 lantai yang sangat indah dan artistik jika dilihat.Arsiteknya sendiri adalah seorang yang sangat ahli dan terkenal pada masa itu ,namanya adalah  Prof Jacob F Klinkhamer dan BJ Queendag. Bangunan lawang sewu memiliki banyak sekali jendela jendela dan juga pintu pintu,sehingga bangunan ini dinamakan dengan lawang sewu.

lawang sewu saat malam hari
lawang sewu saat malam hari

Letak Lokasi Lawang sewu Semarang

Bangunan lawang sewu terletak di tengah kota Semarang tepatnya di Lawang Sewu terletak di sisi timur Tugu Muda Semarang, atau di sudut jalan Pandanaran dan jalan Pemuda.Dengan akses ke lokasi wisata yang mudah di jangkau ini memungkinkan pengunjung dengan mudah untuk menemukan tempat wisata lawang sewu tersebut.

Harga tiket masuk lawang sewu

Untuk harga tiket masuk menuju lawang sewu sangatlah terjangkau.Hanya dengan uang Rp 10.000,00 per orang maka kita bisa masuk ke tempat wisata lawang sewu .

Di tempat wisata lawang sewu kita bisa menelusuri sampai ke dalm ruangan ruangan bersejarah tersebut.Namun harus di barengi dengan pemandu di sana.Karena kabarnya sampai saat ini Lawang Sewu masih terkenal dengan keangkerannya.Dari beberapa cerita yang pernah terjadi disana bahwa setiap magrib ada sesosok bayangan noni noni Belanda yang berlalu lalang di kawasan lawang sewu.Jika kita perhatikan dulu juga sempat ada acara penayangan salah satu tv stasiun swasta dalam acara Dunia Lain yang meninggal dalam acara uji nyali nya.

Ada beberapa ruangan yang sampai saat ini tidak boleh dikunjungi atau dimasuki oleh wisatawan ,Hal ini dimungkinkan karena keangkeran ruangan tersebut.jadi demi keamanan bersama alangkah baiknya saat bekunjung ke lawang sewu harus masuk bersama pemandu yang ada .

Benarkah Lawang sewu jumlah pintunya seribu ?

pintu lawang sewu

Berapakan jumlah sebenarnya jpintu dari Lawang Sewu?

Seperti nama sebuah Kepulauan Seribu yang ada di utara Jakarta  jumlah pulau yang sebenarnya adalah  tidak  sampai 1.000, melainkan hanya 342 buah pulau saja. Sebutan “Sewu” [Jawa: Seribu], merupakan penggambaran sedemikian banyaknya jumlah pintunya. Menurut guide lawang sewu, jumlah lubang pintunya terhitung sebanyak 429 buah, dengan daun pintu lebih dari 1.200 (sebagian pintu dengan 2 daun pintu, dan sebagian dengan menggunakan 4 daun pintu, yang terdiri dari 2 daun pintu jenis ayun dengan engsel, ditambah 2 daun pintu lagi jenis sliding door/pintu geser).

Bagi yang suka sekali dengan wisata budaya atau wisata sejarah  maka jangan lewatkan untuk berkunjung ke wisata lawang sewu Semarang.Selamat berwisata

Leave A Reply

Your email address will not be published.